BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sejatinya banyak sekali tayangan-tayangan di
televisi yang menghibur masyarakat Indonesia. Dari mulai acara talk show,
infotainment sampai acara musik pun bermunculan di televisi. Tayangan-tayangan
tersebut diadakan oleh seluruh stasiun televisi swasta guna memenuhi keinginan
masyarakat Indonesia yang selalu haus akan berbagai hiburan yang mungkin tidak
mereka dapatkan di rumah. Acara- acara di televisi itupun juga memiliki
penggemarnya masing-masing . Tetapi tidak seluruh acara televisi hanya
diperuntukkan bagi kaum wanita saja, banyak juga acara lainnya yang diadakan
bagi kaum remaja,kaum laki-laki dan kaum anak-anak di Indonesia. Dari berbagai macam acara di televisi, saat
ini memang paling banyak dirajai oleh tayangan-tayangan yangdiperuntukkan bagi
kaum remaja. Acara televisi yang disuguhkan untuk para remaja pun beraneka
ragam bentuknya, salah satunya adalah acara yang membahas mengenai perkembangan
musik di Indonesia. Tayangan tentang music tersebut juga banyak sekali
bermunculan dengan berbagai bentuk kemasannya. Banyaknya acara musik
bermunculan di televisi dikarenakan oleh keingintahuan masyarakat tentang
perkembangan music di Indonesia. Salah satu tayangan music yang paling diminati
oleh para remaja Indonesia adalah acara DAHSYAT di stasiun televisi RCTI. Acara
yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Alm. Olga Syahputra ini memang diakui menjadi
acara yang paling banyak mendapatkan sambutan dari para penonton televisi
khususnya bagi para remaja. Dahsyat dianggap menjadi tayangan yang paling
disukai oleh para penikmat music Indonesia khususnya para remaja dikarenakan
dengan konsep acara tersebut yang sengaja dibuat santai dan penuh canda tawa.
Selain itu, tayangan tersebut memang menjadi satu-satunya tayangan yang sangat
menghargai penontonnya. Hal itu dibuktikan dengan diikutsertakannya penonton
dalam setiap episode tayangannya tanpa ada batasan antara penonton dan
artisnya. Komunikasi non verbal dan interaksi berupa bahasa tubuh yang
dilakukan oleh presenternya pun dianggap menjadi salah satu hal yang menarik
pada acara tersebut. Lagu-lagu di acara Dahsyat pun juga selalu up to date ,
sehingga pengetahuan masyarakat tentang musik Indonesia pun semakin berkembang.
Disisi lain, dengan adanya bintang tamu yang selalu berbeda tiap harinya,
membuat para penikmat musik semakin mengetahui tentang tren aliran musik saat
ini, sehingga pengetahuan mengenai musik pun semakin bertambah besar. Tanpa
diduga, ternyata konsep tersebut benar-benar berhasil menarik minat remaja
untuk menjadi bagian yang membuat tayangan tersebut menjadi tayangan musik
nomor satu di Indonesia.
B.
Rumusan
Masalah
Dengan latar belakang masalah di atas, dapat ditarik
sebuah rumusan masalah yaitu:
1. Apa
sejarah teori kegunaan & kepuasaan ?
2. Apa
Asumsi mengenai teori kegunaan & kepuasan ?
3. Berikan
contoh kasus Use gratification ?
C.
Tujuan
Penulisan
1. Mengetahui
sejarah teori kegunaan & kepuasaan.
2. Mengetahui
asumsi teori kegunaan & kepuasan.
3. Mengetahui
contoh kasus use gratification .
BAB
II
PEMBAHAHASAN
1.1.
Sejarah Uses and Gratifications Theory (Teori Kegunaan & Kepuasan)
Uses and Gratifications Theory (Teori
Kegunaan dan Kepuasan)Teori Uses and gratifications (kegunaan dan kepuasan) pertama
kali dikenalakan oleh Herbert Blumer dan Elihu Kartz pada tahun 1974 dalam
bukunya The Uses on Mass Communication : Current Perspectives on Grativication
Research. Teori ini mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk
memilih dan menggunakan media tersebut, dengan kata lain pengguna media adalah
pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha untuk mencari
sumber media yang paling baik di dalam usaha memenuhi kebutuhannya. Artinya,
teori uses and gratification mengasusmsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan
alternative untuk memuaskan kebutuhan.(Nurudin, “Pengantar Komunikasi Massa”
hal.191-192) Aplikasi teori penggunaan dan kepuasan dalam masyarakat Teori Uses
and Gratification ini bertujuan untuk menjelaskan tentang informasi yang ada di
dalam media terutama media massa. Dalam teori ini audiens tidak lagi dipandang
sebagai orang pasif yang hanya menerima informasi yang disampaikan oleh media,
tapi audiens berlaku aktif dan selektif, dan juga kritis terhadap semua informasi
yang disampaikan oleh media.
Kelebihan dan Kekurangan Uses and
Gratification Theory
- Kelebihan dari teori Uses and
gratification adalah :
1.Mengubah audiens yang
cenderung pasif menjadi audiens yang lebih aktif dan selektif.
2.Untuk mengontrol penggunaan
media dalam kehidupan kita.
3.Untuk memenuhi
kebutuhan– kebutuhan dan pencapaian tujuan dari fungsi media itu sendiri.
- Kekurangan dari teori
Uses and Gratification adalah :
1.Seseorang menjadi
ketergantungan terhadap suatu media sehingga tidak dapat berkembang
2.Audiens akan memenuhi
kebutuhan- kebutuhan mereka dengan media
dengan berbagai cara,
meskipun itu merugikan dirinya sendiri
3. Media sering kali
menciptakan kebingungan dan ketika hal yang membingungkan itu hadir,
ketergantungan kepada media akan meningkat.
I.II.
Asumsi Tentang Teori Uses And Gratification
Katz, Blumer dan gurevitch menjelaskan
mengenai asumsi dasar dari teori uses and gratifications, yaitu :
a) Khalayak diangap aktif,artinya
khalayak sebagai bagian penting dari penggunaan media massa diasumsikan
mempunyai tujuan.
b) Dalam proses komunikasi
massa,inisiatif untuk mengaitkan pemuassan
kebutuhan dengan pemilihan media
terletak pada khalayak.
c) Media massa harus
bersaing dengan sumber-sumber lain untuk memuaskan kebutuhannya. Kebutuhan yang
dipenuhi media lebih luas. Bagaimana kebutuhan itu terpenuhi melalaui konsumsi
media amat bergantung pada perilaku khalayak yang bersangkutan
d) Tujuan pemilihan
media massa disimpulkan dari data yang diberikan anggota khalayak Artinya,
orang dianggap cukup mengerti untuk melaporkan kepentingan dan motif pada
situasi-situasi tertentu
e) Penilaian tentang
arti kultural dari media massa harus ditangguhkan sebelum diteliti lebih dahulu
orientasikhalayak Kepuasan Audiens dengan Tayangan Dahsyat
I.III.
Contoh Kasus Use Gratification
Tayangan musik di televisi,salah
satunya adalah Dahsyat yang tayang di RCTI. Dahsyat merupakan salah satu acara
musik yang mendulang sukses selama empat tahun belakangan ini sejak awal kemunculannya.
Ia dapat bertahan hingga sekarang karena memiliki ratting yang cukup tinggi.
Ini berarti bahwa Dahsyat merupakan salah satu program acara favorit tontonan
masyarakat indonesia. Hal ini meninggalkan sebuah pertanyaan seperti, apa yang
membuat Dahsyat sangat disukai oleh penonton? Untuk itu penulis akan mulai
merunut satu per satu.
Musik adalah kekuatan yang mampu
mengajak para pendengarnya untuk terlarut dalam lantunan nada- nada yang
teratur yang telah disusun sedemikian rupa. Musik mampu membuat para
pendengarnya sejenak melupakan rutinitas keseharian dan kepenatan. Musik mampu
masuk kedalam alam bawah sadar seseorang sehingga seseorang menjadi larut dalam
melodi dan iramanya. Musik telah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian besar
masyarakat. Musik sendiri juga cukup beragam seperti musik pop, dangdut,
reggae, RnB, rock, dan sebagainya. Saat ini musik juga telah menjadi sebuah
hiburan komersil yang cukup menjanjikan apabila dapat dikemas secara menarik.
RCTI sebagai televise swasta pertama di Indonesia, mencoba menghadirkan sebuah
program di televisi yang memadukan musik, hiburan, sesi interaktif, dan juga
diselingi sedikit humor. Dahsyat (Deretan lagu hits teratas) adalah program
yang diusung RCTI untuk mengusung itu semua. Dahsyat merupakan program televisi
yang menggabungkan sajian musik (yang divisualisasikan dengan tampilan video
Nklip paling terbaru), sesi interaktif dengan pemirsa di rumah, hingga live
performance oleh penyanyi atau pun band yang sedang terkenal. Acara yang
berdurasi dua jam ini untuk hari senin sampai sabtunya berlokasi di dalam
studio (indoor ), namun untuk hari minggunya berlokasi di luar studio
(outdoor). Acara ini terkesan cukup meriah, karena baik di dalam studio ataupun
di luar studio selalu dipadati oleh para pengunjung yang terlihat cukup
antusias. Format acara ini sebenarnya cukup sederhana, yakni menampilkan 20
video klip music ternama di Indonesia. Keduapuluh video klip musik tadi
diurutkan berdasarkan tingkat kepopulerannya, sehingga dengan kata lain video klip
yang berada di posisi nomor satulah yang merupakan video klip paling populer di
Indonesia versi Dahsyat dan disetiap episodenya selalu menampilkan bintang
tamu, aktris maupun band- band papan atas. Untuk dapat melihat hubungan isi
dari tayangan acara musik Dahsyat bagi penontonnya, dapat merujuk pada salah
satu teori efek media massa yaitu Uses and Gratification.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Teori Uses and gratification merupakan
teori yang menjelaskan bahwa pemerhati media adalah yang berpengaruh terhadap
dirinya sendiri karena dikatakan bahwa pemerhati itu aktif dalam mencari media
yang diinginkan dalam mencari kepuasan tersendiri bagi pemerhati tersebut, Dan
dengan keterkaitan dengan acara music tersebut adalah bahwa kebanyakaan
khalayak lebih ingin menonton atau mencari kepuasan dengan musik terupdate
melewati tayangan acara musik DAHSYAT di RCTI ketimbang melalui acara lain yang
lebih dominan mengikuti acara DAHSYAT tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.nakkafactoriza.blogspot.com
/2012/06/komunikasi-massa-uses-and-gratification.html
http://www.catatanmissnanaoo.blogspot.com/2014_04_01_archive.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar